Tips

Perhatikan cara pengecatan agar hasil kombinasi warna cat rumah awet dan tahan lama

Di bawah ini, langkah-langkah pengecatan yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mencoba mengecat sendiri.

Proses Pengecatan

Mengecat Langit-Langit

Saat mengecat langit-langit, Anda perlu pelindung sebab bagian ini dapat dikatakan paling sulit. Untuk prosesnya Anda dapat menggunakan sambungkan gagang roller dengan tongkat dari bambu atau alumunium. Namun, jika langit-langit rendah dan Anda dapat menjangkaunya dapat menggunakan tangan.

Mengecat Dinding

Mengecat dinding dapat dikatakan mudah-mudah sulit. Anda dapat menggunakan kuas atau roll dengan gerakan secara vertical. Langkah pertama yaitu membersihkan dinding yang hendak dicat. Sebelum pengecatan pastikan tembok bersih agar cat tembok dapat menempel dengan baik.

Jika tembok tidak bersih maka cat tembok rumah mudah mengelupas. Bila tembok sudah berlumut Anda dapat membersihkannya dengan menyiram air kaporit.

Kedua, memilih cat khusus eksterior untuk dinding bagian luar sebab cat ini sudah diformulasi agar lebih kuat dan tahan lama melindungi dari perubahan iklim. Anda dapat memilih merk cat tembok yang tercantum weather proof atau weather resistance pada wadahnya.

Manfaat lainnya yaitu dapat mencegah timbulnya jamur serta flek akibat air hujan. Cat tembok terbaik yaitu selain mempercantik rumah juga aman dan dapat bertahan lama serta awet.

Ketiga, menyesuaikan cat dengan bahan dinding. Memilih cat yang sesuai sangat diperlukan sebab cat untuk tembok berbeda dengan cat dinding kayu atau lainnya. Kebanyakan cat tembok lebih kental dibanding dengan cat lainnya agar semen tidak terlihat setelah dicat.

Keempat, memilih warna cat yang akan digunakan. Perpaduan warna cat tembok yang bagus juga perlu diperhatikan. Pemilihan warna cat tembok dapat disesuaikan dengan konsep yang akan diterapkan di rumah. Warna yang cerah akan lebih susah pudar sebab pigmen yang lebih banyak.

Keempat, mengecat dinding saat cuaca cerah. Lebih baik jika saat Anda melakukan pengecatan saat cuaca cerah. Pengecatan pada saat cuaca cerah akan membuat cat lebih cepat kering dan menempel dengan baik.

Jika Anda mengecat pada musim hujan kemungkinan cat tembok rumah akan susah kering dan lapisan cat tembok akan cepat rusak karena terkena air hujan. Seumpama Anda akan mengecat setelah hujan maka pastikan permukaan dinding kering sebab permukaan yang basah akan membuat cat tembok tidak menyerap dengan baik.

Arti warna dari kombinasi warna cat rumahmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *