Tips

Simulator pesawat fasilitas sekolah penerbangan

Sekolah penerbangan yang baik adalah sekolah yang memiliki fasilitas simulator di dalamnya. Fasilitas ini sangat membantu dalam proses belajar siswa penerbangan. Simulator adalah alat yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai keadaan pesawat yang sebenarnya. Kegunaan dari simulator pesawat fasilitas sekolah penerbangan, yaitu:

  1. Untuk memperkenalkan situasi di dalam pesawat

Simulator digunakan untuk memperkenalkan kepada siswa seperti apa situasi di dalam sebuah pesawat. Biasanya ketika siswa menjadi penumpang pesawat ada beberapa ruangan yang tidak boleh dimasuki penumpang sehingga tidak bisa mengetahui secara langsung situasi di dalam pesawat. Melalui simulator ini, siswa bisa melihat situasi dari sudut pandang kru pesawat.

  1. Memperlihatkan bagian pesawat secara lebih detail

Melalui simulator, siswa sekolah penerbangan bisa melihat bagian-bagian secara lebih detail. Misalnya saja tombol-tombol untuk pilot, pintu darurat, dan bagian lain yang perlu diketahui. Siswa tidak harus datang ke dalam pesawat sungguhan untuk bisa mengenal seluruh bagian tersebut.

  1. Berlatih secara langsung di dalam pesawat

Ini adalah kegunaan yang paling penting, yaitu praktek langsung di dalam pesawat. Pramugari misalnya, bisa mempraktekkan langsung cara memperagakan alat keselamatan atau cara melakukan penyelamatan darurat. Melalui berlatih langsung seakan di dalam pesawat, siswa bisa lebih memahami apa saja yang perlu dilakukan dengan lebih baik. Jika tidak menggunakan simulator, siswa mungkin hanya bisa membayangkan saja dan hal tersebut tidak cukup.

  1. Untuk pilot, bisa berlatih menerbangkan pesawat secara lebih nyata

Simulator untuk pilot lebih lengkap dengan layar yang menampakkan keadaan di luar pesawat. Sehingga jika dilihat dari kursi pilot, seakan-akan berada di dalam pesawat yang sedang terbang. Sekilas terlihat seperti bermain game, tetapi pilot berlatih untuk menerbangkan pesawat dengan simulator ini sebelum benar-benar di dalam pesawat.

  1. Melatih agar terbiasa dengan keadaan pesawat

Salah satu kesulitan menjadi kru pesawat adalah bekerja di dalam pesawat yang sempit selama berjam-jam. Hal ini tidak mudah apalagi dilakukan secara terus-menerus. Jika tidak terbiasa maka bisa menyebabkan stres. Maka dari itu, simulator menjadi salah satu pembantu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di dalam pesawat.

Pelajaran singkat ujian TOEIC & Psikotest sekolah penerbangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *