Tips

Tata Cara Jual Beli Tanah Yang Belum Bersertifikat

Tanah yang belum memiliki sertifikat tentunya sangat sulit sekali untuk dijual. Sebab tanah yang belum bersertifikat yaitu salah satu tanah yang belum didaftarkan kekantor badan pertanahan negara. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan jika dilakukan jual beli tanah, sebab belum ada daftar yang akurat mengenai tanah yang akan dijual tersebut. Biasanya hal ini terjadi pada daerah yang terpencil, hal ini terjadi dikarenakan ketidaktahuan masyarakat menegnai pentingnya sertifikat tanah. Selain itu juga masih ada faktor lain, misalnya tidak terlalu bernilai harga mahal yang akan ditawarkan sehingga hal tersebut membuat masyarakat menjadi menganggap bahwa sertifikat tanah tidak terlalu dibutuhkan. Untuk itu disini saya akan menjelaskan mengenai Tata Cara Jual Beli Tanah yang Belum Bersertifikat.

Cara Membuat Sertifikat Tanah

Bagi anda yang ingin membeli tanah tetapi tanah tersebut belum bersertifikat, maka anda tak perlu khawatir, sebab saya akan menjelaskan kepada anda mengenai Tata Cara Jual Beli Tanah yang Belum Bersertifikat, sehingga hal tersebut tentunya dapat membantu anda dalam hal membeli ataupun menjual tanah anda. Mungkin langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendatangi kantor kelurahan setempat untuk proses mendapatkan surat keterangan tidak ada sengketa, surat keterangan riwayat tanah, dan surat keterangan kepemilikan tanah sporandik. Nah setelah ketiga syarat tersebut sudah terpenuhi, maka proses selanjutnya pemohon bisa mengajukan permohonan membuat sertifikat tanah di kantor pertanahan nasional. Disana nanti akan ada banyak sekali persyaratan yang nantinya akan anda lakukan. Maka anda harus persiapkan dari sekarang. Anda bisa membacanya pada artikel yang lain memngenai syarat apa saja yang harus dibutuhkan pada kantor pertanahan nasional.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Tata Cara Jual Beli Tanah yang Belum Bersertifikat yang bisa anda pelajari sendiri, dari penjelasan diatas masih banyak lagi penjelasan yang bisa anda temukan pada artikel lainnya. Dari penjelasan saya diatas semoga dapat dipahami oleh anda. dan semoga penjelasan yang telah saya sampaikan untuk anda semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda.

Bagaimana Proses Jual Beli Tanah Girik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *